Review Jurnal : Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha
Review Jurnal : Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha
Review
Jurnal
Judul
|
Penerapan
E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha
|
Jurnal
|
Liquidity
|
Volume & Hal
|
Vol.
2, No. 1, hlm. 73-79
|
Tahun
|
Januari-Juni
2013
|
Penulis
|
Siti
Maryama
|
Reviewer
|
Angela
Christalia
|
Tujuan
Penelitian
Mengkaji
motif apa saja yang mendorong pelaku usaha menggunakan e-commerce; Meninjau manfaat e-commerce
bagi pelaku usaha; Mengkaji hambatan yang dialami pelaku udaha dalam menerapkan
e-commerce.
Metode
Penelitian
Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif denngan
pendekatan kualitatif. Metode ini terutama digunakan untuk mendeskripsikan
bagaimana fenomena aktivitas pelaku usaha dalam memanfaatkan e-commerce dalam meningkatkan daya saing
usahanya.
Analisis
data dilakukan secara kualitatif. Analisa data secara kualitatif, yaitu dengan
cara mendeskripsikan jawaban responden yang kemudian disajikan dalam bentuk
table, distribusi frekuensi, dan grafik.
Hasil
dan Pembahasan
Penelitian
ini melibatkan 10 responden sebagai sempel. Kesepuluh responden tersebut adalah
para pelaku usaha baik dalam bidang perdagangan (barang/produk) maupun yang bergerak
di bidang jasa (service) dengan rincian : 80% responden para pelaku dibidang
perdagangan (barang) dan sisanya sebanyak 20% adalah para pelaku usaha yang
bergerak pada bidang jasa.
Dan ditemukannya
faktor yang menjadi harapan tertinggi bagi para pelaku usaha dalam menerapkan
e-commerce ialah : Mengakses Pasar
Global, Mempromosikan produk, Membangun Merk, mendekatkan pelanggan (peningkatan
pelanggan), Membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan. Dan manfaat yang
dirasakan pelaku usaha ketika menerapkan e-commerce adalah meningkatkan omzet
penjualan dan dapat memperluas bisnis.
Kesimpulan review saya
Penerapan
e-commerce pada saat ini merupakan
sebuah syarat wajib bagi semua yang menjalankan usaha, perusahaan maupun
perorangan. Dengan begitu usaha yang dijalankan dapat bersaing secara global,
mengingat masalah yang semakin kompleks, competitor yang semakin menjamur dan
tuntutan untuk selalu mengikuti perkembangan dunia global yang mengharuskan
untuk selalu bertindak kreatif dan inovatif. Karena sudah terbukti melalui
penelitian yang dilakukan dan jurnal yang saya ulas ini bahwa efisiensi dalam
penggunaan e-commerce paling ditekankan.
Penulis
melakukan penelitian yang melibatkan 10 responden sebagai sempel dan merupakan
pelaku usaha baik dalam bidang perdagangan (barang/produk) maupun yang bergerak
dibidang jada (service). Dan ditemukannya
faktor yang menjadi harapan tertinggi bagi para pelaku usaha dalam menerapkan
e-commerce ialah : Mengakses Pasar
Global, Mempromosikan produk, Membangun Merk, mendekatkan pelanggan (peningkatan
pelanggan), Membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan. Dan manfaat yang
dirasakan pelaku usaha ketika menerapkan e-commerce adalah meningkatkan omzet
penjualan dan dapat memperluas bisnis.
Dan kendala
yang sering ditemui dalam menerapkan e-commerce oleh para pelaku usaha yaitu
lemahnya sumber daya manusia, mahalnya biaya, sulitnya perizinan dan terkendala hambatan jaringan.
Dari hasil
pengamatan / pengulasan yang saya lakukan pada jurnal ini dapat saya simpulkan
bahwa jurnal ini cukup menyajikan data dan fakta yang terbukti dan
dideskripsikan dengan menarik seperti chart diagram yang menunjukan hasil data
secara spesifik dan rinci.
Komentar
Posting Komentar