Review Jurnal : Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha

Review Jurnal : Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha




Src : ojs.stiead.ac.id/index.php/LQ/article/download/88/pdf


Review Jurnal

Judul
Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha
Jurnal
Liquidity
Volume & Hal
Vol. 2, No. 1, hlm. 73-79
Tahun
Januari-Juni 2013
Penulis
Siti Maryama
Reviewer
Angela Christalia

Tujuan Penelitian

Mengkaji motif apa saja yang mendorong pelaku usaha menggunakan e-commerce; Meninjau manfaat e-commerce bagi pelaku usaha; Mengkaji hambatan yang dialami pelaku udaha dalam menerapkan e-commerce.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif denngan pendekatan kualitatif. Metode ini terutama digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana fenomena aktivitas pelaku usaha dalam memanfaatkan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usahanya.

Analisis data dilakukan secara kualitatif. Analisa data secara kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan jawaban responden yang kemudian disajikan dalam bentuk table, distribusi frekuensi, dan grafik.

Hasil dan Pembahasan

Penelitian ini melibatkan 10 responden sebagai sempel. Kesepuluh responden tersebut adalah para pelaku usaha baik dalam bidang perdagangan (barang/produk) maupun yang bergerak di bidang jasa (service) dengan rincian : 80% responden para pelaku dibidang perdagangan (barang) dan sisanya sebanyak 20% adalah para pelaku usaha yang bergerak pada bidang jasa.

Dan ditemukannya faktor yang menjadi harapan tertinggi bagi para pelaku usaha dalam menerapkan e-commerce ialah : Mengakses Pasar Global, Mempromosikan produk, Membangun Merk, mendekatkan pelanggan (peningkatan pelanggan), Membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan. Dan manfaat yang dirasakan pelaku usaha ketika menerapkan e-commerce adalah meningkatkan omzet penjualan dan dapat memperluas bisnis.

Kesimpulan review saya

Penerapan e-commerce pada saat ini merupakan sebuah syarat wajib bagi semua yang menjalankan usaha, perusahaan maupun perorangan. Dengan begitu usaha yang dijalankan dapat bersaing secara global, mengingat masalah yang semakin kompleks, competitor yang semakin menjamur dan tuntutan untuk selalu mengikuti perkembangan dunia global yang mengharuskan untuk selalu bertindak kreatif dan inovatif. Karena sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan dan jurnal yang saya ulas ini bahwa efisiensi dalam penggunaan e-commerce paling ditekankan.

Penulis melakukan penelitian yang melibatkan 10 responden sebagai sempel dan merupakan pelaku usaha baik dalam bidang perdagangan (barang/produk) maupun yang bergerak dibidang jada (service). Dan ditemukannya faktor yang menjadi harapan tertinggi bagi para pelaku usaha dalam menerapkan e-commerce ialah : Mengakses Pasar Global, Mempromosikan produk, Membangun Merk, mendekatkan pelanggan (peningkatan pelanggan), Membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan. Dan manfaat yang dirasakan pelaku usaha ketika menerapkan e-commerce adalah meningkatkan omzet penjualan dan dapat memperluas bisnis.

Dan kendala yang sering ditemui dalam menerapkan e-commerce oleh para pelaku usaha yaitu lemahnya sumber daya manusia, mahalnya biaya, sulitnya perizinan dan  terkendala hambatan jaringan.

Dari hasil pengamatan / pengulasan yang saya lakukan pada jurnal ini dapat saya simpulkan bahwa jurnal ini cukup menyajikan data dan fakta yang terbukti dan dideskripsikan dengan menarik seperti chart diagram yang menunjukan hasil data secara spesifik dan rinci.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOMPUTASI MODERN, KARAKTERISTIK DAN JENISNYA

CONTOH: PROFIL, SIUP, STDP PERUSAHAAN BERBASIS INFORMATIKA